Sabtu, 05 Mei 2012

P2TL DAN DINAS JAGA


P2TL    

1. Untuk mencegah bahaya tubrukan
    maka Nakhoda dapat menyimpang
    dari aturan P2TL :
     a. Bilamanakah hal tersebut dapat
         dilaksanakan ?
     b. Dalam aturan manakah
         tercantumnya pernyataan itu ?
     c. Berikan salah satu contoh dari hal
         tersebut diatas ?
Jawab :
a. Nakhoda dapat menyimpang dr
   aturan P2TL  bila mana ada atau
   timbul bahaya2 yg mendadak demi
   keselamatan navigasi
b. Penyimpangan aturan ini terdapat
   didalam aturan 2 b P2TL
c. Contoh penyimpangan aturan ini
    yaitu bila kita berlayar di dalam per-
    aiaran yg sempit yg tdk memungkin-
    kan utk melakukanpenyusulan,tiba-
    tiba di depan kapal kita ada kapal yg
    sedang keluar dari darat dan masuk
    di perairan sempit di depan kapal kita
    dg kecepatan di bawah kecepatan dg
    kapal kita, jarak tidak aman antara
    kapal,shg  boleh untuk tdk mengikuti
    aturan P2TL dg cara berputar untuk
    tujuan menjaga jarak aman.

2. a. Hal-hal apakah yang harus
        dilaksanakan bila berlayar di TSS ?
    b. Hal-hal apakah yang dilarang di
        TSS ?
Jawab :
a. Hal-hal yang harus dilaksanakan    
    bila berlayar di TSS, adalah :
    # Berlayar menjauhi daerah TSS dan
       didalam alur TSS.
    # Memasuki TSS pada ujung jalur.
    # Tidak memotong TSS.
    # Apabila berlayar langsung
       seyogyanya menggunakan TSS.
    # Apabila berlayar dekat pantai
       seyogyanya menjauhi TSS.
b. Hal-hal yang dilarang di TSS,
    adalah :
    Memasuki daerah TSS kecuali kapal :
    # Yang Berlabuh jangkar dalam TSS.
    # Kapal kecil, layar, kapal ikan
       dilarang mengganggu kapal yang
       berlayar dalam TSS.

3. Setiap aturan di dalam PIMTL 1972,
    harus ditaati dan dilaksanakan dg
    baik dan benar serta mengacu pada “
    Kebiasaan Pelaut yang baik “
     a. Oleh siapakah dan dimanakah
         peraturan ini harus dilaksanakan ?
     b. Apakah yang dimaksud dengan
         pengertian “ Kapal “ disini ?
     c. Dalam hal apakah peraturan ini
          boleh tidak ditaati ?
     d. Apakah yang dimaksud dengan “
         Kebiasaan Pelaut yang baik “ ?
Jawab :
a. Oleh siapa & di mana peraturan
    P2TL dilaksanakan yaitu oleh semua
    kapal yg mengapung di air dan bisa
    memindahkan barang & jasa dari satu
    tempat ke tempat lain dan aturan ini
    berlaku di semua perairan yg dapat di
    layari kapal & berhubungan dg laut
    lepas
b. Kapal yaitu mencakup  setiap jenis
    kendaraan air,termasuk kapal tanpa
    berat benaman dan pesawat terbang
    laut,yg di gunakan atau dapat diguna-
    kan sebagai sarana pengangkutan di-
    air
c. Dalam hal apakah peraturan P2TL
    boleh tidak di taati yaitu jika ada
    atau timbul bahaya2 yg mendadak
    untuk keselamatan navigasi.
d. Yang di maksud dg kebiasaan
    pelaut yg baik yaitu :
   - Selalu menganggap bahwa bahaya
     itu selalu ada setiap saat.
   - Melakukan pengamatan secara
     cermat danberkala,utk mendeteksi
     adanya bahaya yg mendadak.
   - melakukan pengecekan posisi
     secara rutin.
   - menjaga kebugaran jika akan
     melaksanakan tgs jaga.
   - menggunakan sarana bantu navigasi
     dg optimal untuk menditeksi adanya
     bahaya2 yg mendadak.

4. Penerangan dan tanda-tanda/isyarat
    apakah yang harus diperhatikan atau
    diperdengarkan oleh sebuah kapal
    tenaga yang panjang 50 m di daerah
    berkabut tebal sebagai berikut :
      a. Sedang berlabuh jangkar didekat
          oleh kapal lain
      b. Sedang berlayar dan mengubah
          haluanya kekiri
      c. Sedang mendogol, jaringnya
          tersangkut didasar laut
      d. Sedang kandas
Jawab :
Penerangan dan tanda2 isyarat yg hrs di perhatikan atau di perdengarkan oleh kapal tenaga panjang 50 m di daerah berkabut tebal oleh kapal tenaga :
a. Sedang berlabuh jangkar di dekati
    oleh kapal lain yaitu :menyalakan
    lampu putih keliling, memperlihatkan
    1 bola2 hitam di tempat yg paling
    baik, membunyikan 3 tiup berturut-
    turut yakni 1 tiup pendek,1 tiup
    panjang dan 1 tiup pendek ( .  ̶   . )
b. Sedang berlayar dan mengubah
    haluan nya ke kiri yaitu: menyalakan
    lampu2 navigasinya(lampu tiang
    lambung,buritan),membunyikan 1 tiup
   panjang(  ̶  ) dg selang waktu tidak
    lebih dari 2 menit,kemudian pd waktu
    akan merubah haluan nya kekiri hrs
    membunyikan 2 tiup pendek ( . . )
c. Sedang mendogol,jaringnya ter-
    sangkut di dasar laut yaitu 1 tiup
    panjang di susul oleh 2 tiup pendek
   (  ̶  . . ) dg selang waktu tdk lebih dari
    2 menit.
d. Sedang kandas yaitu :menyalakan 3
    lampu merah keliling dg catatan lam-
    pu navigasinya mati,memperlihatkan
    3 bola2 hitam bersusun tegak,mem-
    bunyikan genta dan jika di perlukan
    isyarat gong dan sebagai tambahan
    hrs membunyikan 3 pukulan terpisah
    dan jelas pd genta ,segera sebelum
    dan sesudah bunyi genta secara
   cepat itu dan juga boleh membunyikan
    isyarat suling yg sesuai sebagai
    tambahan.

5. a. Aturan 17 adalah diwajibkan bagi
        kapal yang bertahan.Bagaimana-
        kah tindakan kapal yg bertahan ini
        melihat kapal lain masih jauh ?
    b. Bagaimanakah tindakan kapal yg
        bertahan apabila kapal lain itu
        makin dekat, jelakan !
    c. Jika sampai pada tahap yg terakhir
        kapal lain itu tidk melakukan tinda-  
        kan apapun,maka apa tindakan
        kapal yang bertahan, jelaskan !
Jawab :
a. Tindakan kapal yg bertahan meli-
    hat kapal lain masih jauh yaitu tetap
    bertahan mempertahankan haluan
    dan kecepatan nya dan boleh ber-
    tindak utk menghindari tubrukan dg
    olah gerak nya sendiri ,segera
    setelah jelas baginya bahwa kapal yg
    diwajibkan menyimpang tdk mengam-
    bil tindakan yg sesuai dalam meme-
    nuhi aturan P2TL.
b.Tindakan kapal yg bertahan jika kpl
    lain makin mendekat yaitu tetap ber-
    tahan menjaga haluan dan kecepatan
    nya dan melakukan olah gerak sendiri
    untuk menghindari bahaya tubrukan
    jika di anggap perlu.
c. jika pd tahap terakhir kapal lain itu
    tdk melakukan tindakan apapun,mk
    tindakan kapal yg bertahan yaitu
    boleh bertindak untuk menghindari
    tubrukan dg olah gerak nya sendiri,
    segera setelah jelas bagi nya ,bahwa
    kpl yg di wajibkan untuk menyimpang
    tidak mengambil tindakan yg sesuai.

6. Apa yg diperhatikan oleh MualimJaga
    dianjungan pada malam hari.
     a. Sebelum menerima tugas jaga laut
     b. Saat mengadakan Look Out yang
         baik
     c. Cara menghindar bahaya tubrukan
Jawab :
a.sebelum menerima tugas jaga laut
    perwira pengganti hrs mendapat
    kepastian tentang :
     - perintah harian dan petunjuk khu-
       sus nakhoda berkaitan dg navigasi
     - posisi,haluan,kecepatan dan sarat
       Kpl.
     - keadaan laut saat itu
     - prosedur penggunaan mesin induk
       utk olah gerak jika dlm kaadan
       darurat.
     - kondisi semua alat navigasi hrs baik
b.tindakan perwira jaga dlm tampak
   terbatas sehubungan dg mengada-
   kan lookout yg baik yaitu :
     - menjaga kewaspadaan terus mene
       rus dg penglihatan dan pendengar-
       an dan juga dg sarana lain yg ada.
     - memperhatikan sepenuhnya situasi
       dan resiko tubrukan, kandas dan
       navigasi lainnya.
     - mendeteksi kpl2/pesawat terbang
       yg sedang berada dlm bahaya,org2
       yg mengalami kecelakaan kpl,ke-
       rangka kpl dan bahaya2 lain yg
       mengancam navigasi
c.tindakan perwira jaga dlm tampak
    terbatas sehubungan dg menghin-
    dari bahaya tubrukan yaitu :  
     - tindakan hrs tegas dlm wkt ygcukup
     - perubahan haluan hrs besar shg
       mnjadi jelas dan nyata.
     - tindakan perubahan haluan apabila
       perairan memungkinkan.
     - hrs memiliki jarak aman dan peru-
       bahan kecepatan.

7. Apa tindakan Mualim Jaga yang
    berlayar didekat atau dalam daerah
    tampak terbatas, sehubungan dg :
     a. Penggunaan pesawat radar
     b. Kecepatan kapal
     c. Saat memanggil Nakhoda
Jawab :
a.tindakan mualim jaga sehubungan
 dgn penggunaan radar = penggunaan
    radar terus menerus terutama pd
    perairan yg penuh dg LALIN kpl
    lain,mualim jaga hrs menjamin bhw
    skala jarak yg di terapkan di ubah
    secara berkala shg setiap sasaran
    dpt terdeteksi sedini mungkin,perlu di
    ingat bhw sasaran kcl yg krg jelas dpt
    lolos dr pengamatan radar.
b.Tindakan mualim jaga dlm tampak
    terbatas sehubungan dg kec kapal
    adalah kec kpl di bikin sedemikian
    rupa ( kecepatan aman )  shg dpt
    mengendalikan tubrukan dan
    menyiapkan mesin utk melakukan
    olah gerak setiap saat.
c. Tindakan mualim jaga dlm tampak
    terbatas sehubungan dg saat
    memanggil nakhoda adalah
     - jika trjdi/diperkirakan akan terjadi
       berkurangnya jarak tampak.
     - kondisi LALIN serta gerakan kpl2
       lain yg mengharuskan perhatian
       khusus.
     - jika sulit mempertahankan haluan
       yg benar.
     - jika tdk berhasil melihat adanya
       daratan,tdk ada rambu navigasi.
     - jika terjadi kerusakan mesin.
     - jika dalam cuaca buruk merasa
       ragu2 tentang kemungkinan akibat
       buruk yg akan terjadi.

8. Apa semboyan kabut dari kapal yang,
     a. Berlabuh jangkar
     b. Menangkap ikan
     c. Terkekang oleh saratnya
Jawab :
a.berrlabuh jangkar = hrs membunyi-
    kan genta dg cepat selama kira2 
    5 detik dg selang wkt yg tdk lbh
    dr 1 mnt. Kpl pnjg 100 meter genta
    itu hrs di bunyikan di bagian depan
    kpl dan segera setelah pembunyian
    genta ,gong hrs dg cepat selama
    kira2   5 detik di bagian belakang kpl.
b.kpl menangkap ikan=hrs memper-
   dengarkan 3 tiupan beruntun yakni 1
   tiupan pnjg diikuti 2 tiupan pndek
   (  ̶  .. ) dg selang wkt tdk lbh dr 2 mnt.
c.kpl terkekeng oleh saratnya= hrs
   memperdengarkan 3 tiupan beruntun
   yakni 1 tiupan pnjg diikuti 2 tiupan
   pndek (  ̶  .. ) dg selang wkt tdk lbh dr
   2 mnt.
9. a. Bagaimana proses menyusul kapal
        lain di perairan sempit ?
    b. Apa perbedaan antara menyusul
        kapal lain diperairan sempit dan
        dilaut bebas ?
    c. Apa kewajiban kapal yang
        menyusul kapal lain ?
Jawab :
a.proses kapal menyusul kapal lain di
   perairan sempit yaitu :
   - kpl yg menyusul memperdengarkan
     isyarat suling 2 pnjg 1 pndek (   ̶   ̶  . )
     = sy hendak menyusul dr lambung
     kanan.
   - 2 pnjg 2 pndek (   ̶   ̶  .. )=sy hendak
     menyusul dr lambung kiri.
   - Kpl yg di susul menunjukkan perse-
     tujuannya dg 1 pjng 1 pndk 1 pnjg 1
     pndek ( ̶  .  ̶  . ) =setuju utk di susul.
   - 5 pendek ( . . . . . ) = merasa ragu2
     akan tindakan kpl lain.
b.Perbedaan kpl yg menyusul diper-
   airan sempit dan di laut bebas yaitu
    - menyusul di perairan sempit hrs
      membunyikan isyarat bunyi,sedang
      kan.
    - menyusul di laut bebas sebuah kpl
      di anggap menyusul jika mendekati-
      nya arah lbh dr 22°,5 lbh kebelakang
      arah melintang dan pd mlm hari
      hanya melihat penerangan buritan.
c.Kewajiban kpl yg menyusul adalah
      hrs membebaskan kpl yg di susul
      sampai bebas betul.

10. kapal A berhaluan 035o kecepatan
      17 knots. Sebuah lampu merah dari
      kapal lain, pada jam 02.20 di baring
      120o, pada jam 02.22 dibaring 110o.
        a. Pada jam 02.22, berapakemung-
           kinan haluan kapal lain tersebut ?
        b. Apa tindakan Mualim Jaga pada
            jam 02.22
Jawab :
a.haluan kpl B adalah 000°
b.tindakan mualim jaga yaitu:
    - situasi yg terjadi adalah situasi
       tubrukan,mk tindakan perwira jaga
       sesuai dg aturan 15 P2TL ,kapal yg
       mendapatkan kapal lain itu pd lam-
       bung kanan nya hrs menyimpang
       dan jika peristiwa nya mengijinkan
       hrs menghindari untuk memotong di
       muka kapal yg lain itu.

11. Setiap aturan di dalam P2TL 1972
      harus ditaati dan dilaksanakan :
       a. Dimanakah aturan-aturan ini
           diberlakukan ?
       b. Kapan dan siapakah aturan
           aturan ini dilaksanakan ?
       c. Siapakah yang harus bertang-
           gung jawab, apabila sebuah
           kapal dikenai oleh aturan ini ?
Jawab :
a.menurut aturan 1 (a ) pemberlakuan
   ,aturan ini berlaku bagi semua kpl di
   laut lepas dan di semua perairan yg
   berhubungan dg laut dan dpt di layari.
b.aturan P2TL di laksanakan setiap
   saat dan bagi semua kpl.
c. yg bertanggungjawab mnrut aturan
    2(a) adlh kpl,pemilik kpl,nakhoda dan
    awak kpl.
12. Bagaimana tugas-tugas seorang
      perwira jaga dianjungan yang harus
      dilakukan pada saat kapal sedang
      berlayar sehubungan dengan :
       a. Tanggung jawabnya sebagai
           perwira navigasi !
       b. Tanggung jawabnya untuk
           melaksanakan P2TL.
Jawab :
a.tanggungjawab perwira navigasi
   adlh melayarkan kpl dr satu tmpt ke-
   tmpt lain dg memperhatikan keaman-
   an kpl,keamanan muatan, penentuan
  posisi dan terhindar dr bahaya navigasi
b. tanggungjawab utk melaksanakan
   P2TL mnrt aturan 2(b) pertanggung-
   jawaban adlh hrs memperhatikan
   semua bahaya navigai dan mencegah
   bahaya tubrukan,termasuk keadaan
   khusus,keterbatasan kapal yg
   bersangkutan yg dpt memaksa untuk
   menyimpang dari aturan ini untuk
   menghindari bahaya2 yg mendadak.

13. Saudara sebagai perwira tugas jaga
      dikapal tenaga yg sedang dipandu
      oleh seorang pandu, berlayar diper-
      airan sempit sesuai aturan 9 P2TL
      1972.
       a. Tindakan apakah yang harus
           dilakukan oleh pandu untuk
           dapat berlayar dengan aman
           diperairan tersebut ?
       b. Tindakan apakah yg harusdilaku-
           kan, apabila sedang berlayar
           mendekatitik memotong ungan
           yg terhalang oleh pepohonan ?
      c. Bagaimana tindakan saudara,
         apabila timbul keragu-raguan
         terhadap tindakan pandu tsb ?
Jawab :
a.tindakan yg hrs di lakukan oleh
   pandu utk berlayar di perairan
   sempit mnrt aturan 9(a) alur
   pelayaran sempit adlh kpl yg berlayar
   mengikuti alur pelayaran sempit hrs
   mempertahankan jarak sedekat
   mungkin dg batas luar alur pelayaran
   atau alur pelayaran yg berada di
   lambung kanan nya.
b.tindakan yg hrs di lakukan apabila
  sedang berlayar mendekati tikungan
   yg terhalang oleh pepohonan mnrt
   aturan 34(e) adlh isyarat olah gerak
   dan peringatan hrs membunyikan
   1 tiup pnjg (   ̶   ).
c.tindakan apabila timbul keragu-
    raguan thdp tindakan pandu adlh
    hrs mengambil alih komando dr
    pandu krn pandu hanya sebagai
    penasehat.

14. Didalam aturan 7, P2TL 1972
      menyatakan bahwa setiap kapal
      harus menggunakan semua sarana
      yang tersedia, dalam menentukan
      adanya bahaya tubrukan.
       a. Sarana apakah yang paling
           memadai untuk digunakan ?
       b. Jelaskan caranya masing-masing
Jawab :
a.sarana yg di gunakan utk menentu-
   kan adanya bahaya tubrukan adlh
     - binocular
     - radar atau ARPA
     - AIS
     - alat baringan
     - kompas dll
b. cara melakukannya yaitu :
     - binocular = gunakan binocular jika
       ada target yg dpt di amati secara
       visual untuk memastikan kpl yg
       sedang mendekat
     - radar / arpa = perhatikan kpl yg
       sedang mendekat dilayar radar,
       apakah baringan & jarak nya aman
       atau tdk untuk kpl kita.
     - alat baringa = lakukan baringan ke
        kpl yg mendekat,baringan nya
        tetap atau tdk.
     - kompas = amati kpl yg mendekat
       dg kompas,baringan nya tetap atau
       tdk.

15. Penerangan dan tanda-tanda apa-
      kah yg hars diperlihatkan/dipasang
      pada sebuah kapal tenaga panjang
      50 meter yang sedang :
       a. Berlabuh jangkar dan membong-
           kar mesin induk
       b. Mengalami mesin rusak dan
           sedang berlaju
       c. Menolong orang jatuh dilaut
       d. Mendogol dan belaju
Jawab :
a.penerangan dan tanda pd kpl yg
   berlabuh jangkar dan membongkar
   mesin induk :
    * siang hari 1 buah bola-bola
    * mlm hari 1 lampu depan putih
      keliling dan 1 buah lampu putih
      belakang keliling.
b.kpl mengalami mesin rusak dan ada
   laju:
    * siang hari 2 buah bola-bola
    * mlm hari 2 lampu merah keliling dan
      lampu navigasi
c. menolong orang jatuh ke laut :
    * siang hari bendera  “ O “.
    * mlm hari merah putih merah keliling.
d.mendogol dan berlaju :
    * siang hari 2 buah kerucut bersusun
       yg ujungnya saling bertumpu.
    * Mlm hari lampu hijau putih keliling
       dan lampu navigasi.
16. Dua buah kapal tenaga haluanya bersilangan seperti nampak pada gambar.








 

        A                                               B


a. Bagaimana cara mengetahui bahwa
    ada resiko tubrukan ?
b. Jika resiko itu ada, apa tindakan
    masing-masing kapal ?
Jawab :
a.cara mengetahui bahwa ada resiko
   tubrukan (lihat gbr) :
    * Merasa ragu2
    * Perubahan baringan pedoman kapal
      yg mendekat dg perubahan yg tdk
      berarti.
    * Perubahan baringan besar,tetapi
      mendekati kapal yg sangatbesar,ka-
      pal tunda,dalam jarak terlalu dekat
b.tindakan masing2 kpl:menurut
   aturan 15 tentang situasi persilang-
   an.bila mana 2 buah kpl tenaga
   bersilang yg dpt mengakibatkan
   bahaya tubrukan mk kpl yg di sebelah
   kanan nya terdapat kpl lain mk hrs
   menyimpang & jika keadaan
   mengijinkan dpt memotong di depan
   kpl lain .kpl A menyimpang dan kpl B
   bertahan.

17. Dalam keadaan tampak terbatas,
      apa artinya isyarat bunyi dengan
      suling berikut ini :
         a.          ( satu tiup panjang )
         b.    ·   ·   ( dua tiup pendek )
         c.   ··  ( satu pendek, satu
                          panjang, satu pendek )
         d.       ( dua tiup panjang )
Jawab :
a.1 tiup pnjang (  ̶  ) =kpl tenaga yg
   sedang berlayar dan memiliki laju
   trhdp air.
b.2 tiup pnjng (  ̶   ̶  )=kpl tenaga yg
   sedang berlayar tetapi berhenti dan
    tdk mempunyai laju thdp air
c.1 pndk 1 pnjg 1 pndk (  .  ̶  . )=kpl yg
   sedang berlabuh jangkar dan utk
   memperingati kpl lain yg mendekat pd
   tmpt kedudukannya.

18. Terangkan artinya istilah berikut ini :
        a. Satu surat
        b. Busur tampak
        c. Jarak tampak
Jawab :
a.1 surat = busur derajat yg memiliki
                sudut sebesar 11.25.
b.busur tampak = sektor dr suatu
           penerangan yg di nyatakan dlm
           derajat.
c.jarak tampak = batas penglihatan
           suatu penerangan yg di nyatakan
          dlm satuan mil.

19. Sebuah kapal akan memasukiBagan
      Pemisah lalu lintas ( Traffic
      Separation Schemes ) Jelaskan hal
      hal apa yang :
        a. Diwajibkan
        b. Dilarang
        c. Disarankan
Jawab :
a).diwajibkan=
     - berlayar sesuai dg arah jalur.
     - bila memasuki bagan pemisah tdk
       pd ujung jalur dan membuat sudut
       sekecil mungkin.
     - apabila terpaksa memotong bagan
       pemisah hrs membentuk sudut
       mendekati siku2.
     - hrs berlayar dg hati2 dan waspada.
b).dilarang=
     - belabuh jangkar d dlm trafic sepan-
        jang keaadan mengijinkan
     - kpl kcl,kpl yg sedang menangkap
       ikan dan kpl layar dilarang meng-
       ganggu kpl yg sedang berlayar
       secara aman dlm bagan pemisah.
c).di sarankan=
     - berlayar menjauhi daerah pemisah.
     - memasuki bagan pemisah pd ujung  
       Jalur.
     - tdk mermotong bagan pemisah.
     - apabila berlayar langsung seharus-
       nya menggunakan bagan pemisah.
     -apabila berlayar dekat pantai seha-
       rusnya menjauhi bagan pemisah.

20. Jelaskan artinya kpl yg memasang
      sosok benda berikut ini :
       a.                               b.                                                                                          

         HITAM
H

         HITAM                                                                                                    
Jawab :
a.bola2 htm dua=termasuk dlm aturan
    27,kpl tenaga yg tdk dpt di olah gerak
    dan kpl yg terbatas kemampuan olah
    geraknya.
b.silinder = termasuk dlm aturan 28,kpl
    tenaga yg terkekang oleh saratnya.
21. Jelaskan apa yang dimaksud dg :
        a. Kapal
        b. Kapal terbatas kemampuan olah
            geraknya
        c. Berlayar
        d. Kapal yang terkekang oleh
            saratnya
Jawab :
a.kpl=semua jenis pesawat air dan
    pesawat terbang laut yg di pakai sbg
    alat angkutan di air.
b.kpl terbts kemampuan olah gerak-
   nya = kpl yg krn oleh sifat pekerjaan-
   nya yg terbatas kemampuan olah ge-
   raknya spt di isyaratkan oleh aturan
   ini,shg tdk mampu menyimpangi kpl
   lain.
c.berlayar=kpl yg tdk berlabuh,tdk di
    ikat dg daratan dan tdk kandas
d.kpl yg terkungkung olehsaratnya=
    kpl tenaga yg krn saratnyasehubung-
    an dg kedalaman air yg ada menye-
    babkan kemampuannya terbatas utk
    menyimpang dr haluanya

22. a. Saudara sebagai perwira jaga
          navigasi, akan menggantikan
          tugas jaga di anjungan,sebelum
          melaksanakan tugas, apa yang
          harus dilakukan ?
      b. Hal-hal apakah yang perlu
          diperhatikan pada saat kapal
         anda memasuki daerah tampak
          terbatas ? jelaskan !
Jawab :
a.prosedur pergantian jaga saat kpl
    berlayar =
    * Perwira pengganti hrs menjamin
      bhwa anggotanya mampu menjalan-
      kan tugas dg baik mampu menye-
      suaikan pandangan di mlm hari
    *perwira pengganti hrs memperoleh
      kepastian ttg :
        - perintah harian dan petunjuk.
          khusus nakhoda berkaitan dg
          navigasi.
        - posisi,haluan,kecepatan dan
          sarat kpl
        - keadaan laut saat itu
        - prosedur penggunaan mesin
          induk utk olah gerak jika  dlm
          keadan darurat
        - kondisi semua alat navigasi hrs
          Baik.
b.hal yg di perhatikan saat memasuki
   daerah tampak terbatas:
     - menyalakan lampu/penerangan
        Navigasi.
     - menyiapkan mesin.
     - menyiapkan pembantu pengamat
     - menyiapkan radar
     - menyiapkan isyarat bunyi.
     - memberi tahu nakhoda dan Kamar
       Mesin.
     - mengurangi kecepatan.
     - mendapatkan posisi kpl sesegera
       Mungkin.

23. a. Kapal berlayar menggunakan
          kecepatan aman. Jelaskan yang
          dimaksud dengan KECEPATAN
          AMAN !
      b. Faktor-faktor apakah yg menjadi
          pertimbangan bahwa sebuah
          kapal berlayar menggunakan
          kecepatan aman ? jelaskan !
Jawab :
a.kec aman=kec yg layak di berikan shg
    dpt mengambil tindakan yg tepat dan
    efektif utk menghindari tubrukan dan
    dpt di hentikan pd jarak yg sesuai dg
    situasi dan kondisi yg ada.
b.faktor2 yg menjadi pertimbangan
    kpl berlayar dg kec aman=
     - kepadatan lalu lintas
     - daya tampak
     - adanya bahaya navigasi
     - sarat kpl sehubungan dg perairan
       yg ada.
     - kemampuan olah gerak kapal sehu-
        bungan dg jarak henti kpl dan
        lingkaran putar kpl.
      - adanya latar belakang.

24 Saudara sebagai perwira jaga
      navigasi, kapal saudara akan
      memasuki kawasan tata lalu lintas
      (TSS ), jelaskan bagaimana tata
      cara berlayar pada daerah tata lalu
      lintas ( TSS )! Jelaskan !
Jawab :
tata cara berlayar pd daerah LALIN TSS :
   - berlayar menjauhi bagan pemisah
   - memasuki bagan pemisah pd ujung
      jalur.
   - tdk memotong bagan pemisah
   - bila memasuki bagan pemisah tdk pd
     ujung jalur dan hrs membuat sudut
     sekecil mungkin.
   - apabila terpaksa memotong hrsmem-
     bentuk sudut mendekati siku2
25. a. Dua kapal saling berhadapan,
          apa tindakan masing-masing?
          Jelaskan  
      b. Dua kapal saling bersilangan dan
          beresiko tubrukan apa tindakan
          masing-masing ?Jelaskan !
Jawab :
a.tindakan 2 kpl yg saling berhadap
    an=Apabila  2 kpl tenaga haluan
    saling berhadapan/hampir berhadap-
    an dan dpt mengakibatkan bahaya
     tubrukan mk,masing2 kpl hrs meru-
     bah haluan kekanan (passing kiri2),
     aturan 14 a
b.tindakan 2 kpl yg salingbersilang-
    an=apabila  2 kpl tenaga saling ber-
    silangan /hampir bersilangan yg dpt
    mengakibatkan tubrukan mk kpl yg
    mendapatkan kapal yg lain itu pada
    lambung kanan nya ,hrs menyimpang
    dan jika keadaan peristiwa mengijin-
    kan,hrs menghindari untuk memotong
    di muka kapal yg lain itu, aturan 15.
26. Didalam Chapter VIII STCW Code
    1995 tentang WATCHKEEPING
    diatur tentang :
     a. FITNESS FOR DUTY
     b. MINIMUM REST PERIOD
     c. DRUG & ALCOHOL ABUSE
    Jelaskan maksudnya !
Jawab :
a.fitnes for duty adlh kesiapan atau
   kebugaran dr masing2 crew utk mela-
   kukan dinas jaga navigasi di atas kpl,
   yg menyangkut kshtan jasmani dan
   rohani.
b.minimun rest period :
    * minimum istirahat 10 jam selama
       periode 24 jam, jam jaga dpt di bagi
       mnjd 2 periode ,di mana salah satu
       nya tdk kurang dr 6 jam
    *aturan ini tdk berlaku dlm keadaan
       darurat.
    * meskipun jam istirahat minimal 10
       jam tapi hal ini tdk boleh terjadi
       selama 2 hari berturut-turut dan
       selama 7 hari jumlah tdk boleh
       kurang dr 70 jam.
    * jadwal masing2 di tempel di tmpt yg
      Jelas.
c.drug & alcohol abuise = pengecekan
    penyalah gunaan obat-obatan dan
    alcohol oleh personel kapal sebelum
    tgs jaga.

27. Kapal-kapal apakah yang dipuncak
      tiangnya memasang penerangan
      penerangan berikut ini :
       a.                 b.             c.
                   P              M            M   


 

                      P              M                  P

                        P                                  M

Jawab :
a. 3 putih bersusun : kpl yg sedang
    melakukan penundaan /towing dan
    panjang tundaan lebih dr 200 meter.
b. 2 merah bersusun tegak : kpl yg
    sedang mengalami rusak mesin  atau
    not under command.
c. merah putih merah bersusun tegak       
    kpl yang terbatas kemampuan olah
    geraknya.

28. Kapal-kapal A akan menyusul kapal
      B di alur pelayaran sempit, seperti
      nampak pada gambar
     A                                             B                                                                 
       a. Isyarat-isyarat apa yg dibunyikan
           oleh A dan apa artinya ?
       b. Isyarat-isyarat apayg dibunyikan
           oleh B dan apa artinya ?
       c. Sebutkan prosedur penyusulan
           sesuai aturan 9 P2TL!
       d. Isyarat bunyi apa yg harus diper-
          dengarkan oleh kpl B?sebutkan!
Jawab :
a.isyarat yg di bunyikan oleh kapal A
   yaitu :
   - jika menyusul lewat lambung kiri :
     2 panjang 2 pendek (  ̶   ̶  .. ) artinya
    akan menyusul pd sisi lambung kiri
   - jika lambung kanan 2 panjang
    1 pendek (   ̶   ̶  . ) artinya akan
    menyusul pd sisi lambung kanan.
b. isyarat yg di bunyikan oleh kapal B
   yaitu :
    - jika setuju memberi isyarat 1panjang
     1 pendek  1 panjang 1 pendek 
     (   ̶  .  ̶  . ) dan jika ragu-ragu memberi
      isyarat 5 pendek ( . . . . . )
                                                    
29. Terangkan artinya istilah berikut :
        a. Saling melihat
        b. Situasi berhadapan
        c. Tampak terbatas
Jawab :
a.saling melihat = situasi di mana kpl
   yang satu dpt di lihat secara visual
   oleh kpl lain.
b.saling berhadapan = apabila kpl lain
   di haluan atau hampir di haluan pd
   siang hari tiangnya berhimpit atau
    hampir berhimpit dan pd mlm hari
    penerangan tiangnya segaris dan dpt
    melihat  kedua penerangan lambung-
    nya
c.tampak terbatas =suatu kondisi di
    mana pengamatan terhalang oleh
    suatu sebab seperti (kabut,hujan,
     badai,ombak besar dll ).

30. Gambarkan bagan penerangan
      tiang, penerangan lambung dan
      penerangan buritan kapal tenaga
      panjang 100 m lengkap dengan :
        a. Warna
        b. Busur tampak
        c. Jarak tampak
Jawab :


31. Terangkan artinya istilah berikut ini :
        a. Tampak terbatas
        b. Kecepatan aman
        c. Pengamatan yang baik
Jawab :
a. saling melihat = situasi di mana kpl
    yg satu dpt di lihat secara visual oleh
    kpl lain.
b. kecepatan  aman=kec yg layak di
    berikan shg dpt mengambil tindakan
    yg tepat dan efektif utk menghindari
    tubrukan dan dpt dihentikan pd jarak
   yg sesuai dg situasi dan kondisi yg
   ada.
c.pengamatan yg baik adalah melakuk-
   an pengamatan dg penglihatan dan
   pendengaran maupun dg mengguna-
   kan semua sarana yg tersedia dalam
     suasana dan keadaan yg ada , shg
     dapat membuat penilaian sepenuh
     nya thd situasi dan bahaya tubrukan.

32. Kapal A, B, C dan D menyusul
      kapal P seperti nampak pada gbr


 

                                                                                                                                                     
     A                               P                                                            
                                                 D                                B                C                                                                                                                          
         a. Terangkan mengapa kapal D
              ragu-ragu ?
         b. Tindakan apa yang harus
             dilakukan kapal D ? Jelaskan !
Jawab :
a.kpl D ragu-ragu karena haluan nya
   akan menimbulkan ragu-ragu,apakah
   situasi menyusul atau memotong.
b.tindakan yg hrs di lakukan oleh
   kpl D adalah dg merubah haluan nya
   shg kpl D akan menyusul kpl P dg
   aman &  bebas

33. Sosok-sosok benda apakah yang
      harus diperhatikan oleh kapal-kapal
      yang :
        a. Berlabuh jangkar
        b. Kandas
        c. Sulit dikendalikan
Jawab :
a.berlabuh jangkar = 1 bola2 hitam di
    tempatkan di haluan dan dpt di lihat
    dg baik.
b.kpl kandas= 3 bola2 hitam di letakkan
    di tiang anjungan.
c.sulit di kendalikan = 1 bola2 hitam,
     1 belah ketupat,1 bola2 hitam di
     susun dlm garis tegak di tempatkan
     di tiang anjungan.

34. Dalam keadaan “ saling melihat “,
      apakah artinya isyarat bunyi berikut
      ini :
        a. ·  ( satu tiup pendek )
        b. ··  ( dua tiup pendek )
        c. ···  ( tiga tiup pendek )
        d. ·····  ( lima tiup pendek )
Jawab :
a. ·  ( satu tiup pendek )= saya akan
         merubah haluan ke kanan.
b. ··  ( dua tiup pendek )=saya akan
        merubah haluan ke kiri.
c. ···  ( tiga tiup pendek )= saya
        mengolah gerak kapal mundur.
d. ·····  ( lima tiup pendek )=merasa
          ragu2 akan tindakan kpl lain













35. a. Jelkaskan sektor2 penerangan
           serta jarak lampu2 navigasi utk
          kapal dg panjang 50m atau lebih !
      b. Pada saat kapankah lampu2 tsb
          dpt dinyatakan dan dipadamkan?
      c. Hal-hal apakah yg perlu anda
          perhatikan saat kpl anda mema-
   suki daerah tampak terbatas?jelaskan.
Jawab :
a.sektor2 penerangan & jarak tampak 
   lampu2 navigasi kpl panjang 50 m
   atau lebih yaitu :
     - lampu tiang, kapal panjang 50 m
       1 ( satu ) lampu tiang,kapal panjang  
       > 50 m 2 ( dua) lampu tiang dg  ke-
       tentuan lampu tiang belakang 4.5 m
       lebih tinggi dari lampu tiang muka,
       sektor penerangan 225° & jarak
       tampak 6 mil.
     - lampu lambung kanan ( hijau ),lam-
       bung kiri ( merah ) dg sektor pene- 
       rangan 112.5° dan jarak tampak
       3 mil.
     - lampu buritan ( putih ) dg sektor
       penerangan 135° dan jarak tampak
       3 mil.
     - lampu tunda( kuning ) dg sektor
       penerangan 135° dan jarak tampak
       3 mil.
     - lampu keliling putih,merah,kuning
       dg sektor penerangan 360° dan
       jarak tampak 3 mil.
     - lampu cerlang( kuning cerlang ) dg
       sektor penerangan 360° dan jarak
       tampak 3 mil.
 b.Lampu2 navigasi dpt dinyalakan &
    di padamkan pd waktu :
     - dinyalakan saat matahari terbenam
      sampai saat matahari terbit dan saat
      matahari terbit sampai saat matahari
     terbenam dalam penglihatan terbatas
     (hujan,kabut dll), jika di anggap perlu
    - di padamkan pd waktu tidak dibu-
       tuhkan ( pd siang hari dg catatan
       cuaca cerah dan pandangan/peng-
       amatan dpt di lakukan dg baik).
c.hal yg di perhatikan saat memasuki
   daerah tampak terbatas:
     - menyalakan lampu/penerangan
        Navigasi.
     - menyiapkan mesin.
     - menyiapkan pembantu pengamat
     - menyiapkan radar
     - menyiapkan isyarat bunyi.
     - memberi tahu nakhoda dan Kamar
       Mesin.
     - mengurangi kecepatan.
     - mendapatkan posisi kpl sesegera
       Mungkin.

36. a. Anda sedang melaksanakan
          pengamatan sesuai aturan 5(p2tl)
          ,apa manfaatnya?
      b. Bagaimana dlm pengamatan
         anda mengetahui akan adanya
          bahaya tubrukan?
      c. tindakan utk menghindari bahaya
          tubrukan yg bagaimanakah diatur
          dlm aturan 8(p2tl) jelaskan
Jawab :
a.manfaat pengamatan sesuai aturan
   5 P2TL adalah dapat membuat peni-
   laian sepenuhnya /sedini mungkin thp
   situasi dan bahaya tubrukan.
b.cara mengetahui bahwa ada resiko
   tubrukan (lihat gbr) :
    * Merasa ragu2
    * Perubahan baringan pedoman kapal
      yg mendekat dg perubahan yg tdk
      berarti.
    * Perubahan baringan besar,tetapi
      mendekati kapal yg sangatbesar,ka-
      pal tunda,dalam jarak terlalu dekat.
c.tindakan utk menghindari bahaya
    tubrukan yaitu :  
     - tindakan hrs tegas dlm wkt ygcukup
     - perubahan haluan hrs besar shg
       mnjadi jelas dan nyata.
     - tindakan perubahan haluan apabila
       perairan memungkinkan.
     - hrs memiliki jarak aman dan peru-
       bahan kecepatan.

37. Apa yg dimaksud dg istilah
     a. berlayar tetapi berhenti
     b. kapal terbatas kemampuan olah
         geraknya
     c. kapal2 apa saja yg termasuk kapal
         terbatas kemampuan olah gerak?
Jawab :
a.kpl berlayar tp berhenti adalah kpl
   dlm kondisi sedang berlayar tetapi
   mengalami kerusakan dlm perjalanan
   shg kpl berhenti.
b.kpl terbts kemampuan olah gerak-
   nya = kpl yg krn oleh sifat pekerjaan-
   nya yg terbatas kemampuan olah ge-
   raknya spt di isyaratkan oleh aturan
   ini,shg tdk mampu menyimpangi kpl
   lain.
c.kpl2 yg termasuk terbatas kemam-
   puan olah gerak nya yaitu:
·          kpl keruk
·          kpl VLCC
·          kpl menangkap ikan
·          kpl menarik kabel
·          kpl penyapu ranjau
·          kpl pemasang bouy
38. pada malam hari nampak pada layar
      radar kpl anda sebuah kpl lain pada
      baringan relatif = 600 pada jarak 10
      mil beberapa saat kemudian kapal
      anda membaring lg.ternyata baring-
      annya tetap.jarak semakinberkurang
      5 mil HS kpl anda = UTARA.ditanya
      a. dlm situasi apakah ini ?
      b. jlskan mengapa nakhoda menya-
          takan pasti ada bahaya tubrukan?
Jawab :
a.situasi yg terjadi adalah termasuk si-
     tuasi tubrukan.
b.tanda2 ada bahaya tubrukan :
·          perubahan baringan tetap.
·          jarak semakin dekat.

39. sesuai dg INTERNATIONAL
      CHAMBER OF SHIPPING (ICS)
      telah menyimpulkan bahwabanyak-
      nya tubtukan kapal dilautdiakibatkan
      kelemahan dari Bridge organization :
       a. jelaskan hal-hal pokok saat penja
          gaan dan pengawasan secara
          efisiensi dari organisasi ini ?
       b. Apa yg dimaksud dg STANDING
           ORDER.dan siapa ygmelaksana
           kannya?jelaskan.
Jawab :
a.hal2 pokok saat penjagaan &
   pengawasan secara efisiensi dr
   organisasi ( ICS ) yaitu:
     - pengurangan resiko human error yg
      dpt menimbulkan situasi kecelakaan
     - menekankan akn pentingnya peng-
       amatan yg baik & menghindarkan
       kejadian tubrukan.
     - menerima seorang pandu sebagai
       pelengkap bg Bridge team.
     - menyakinkan bhw semua penyim-
       pangan2 istrument di ketahui dan di
       terapkan secara tepat.
     - meningkatkan penggunaan semua
       unsur dlm penentuan posisi kpl bila
       satu metode tdk dpt di terapkan ,mk
       pakai metode lain.
     - penggunaan perencanaan plyran &
       system navigasi yg membolehkan
       monitoring & diteksi terus menerus
       dr penyimpanganj thdp alur jika
       berlayar di perairan sempit.
b. standing order adalah pemberitahu- 
    an /perintah dari nakhoda agar kapal
    dan seluruh crew nya bersiap-siap utk
    tiba atau berangkat ke dan dari pela-
    buhan tujuan dan di laksanankan oleh
    seluruh crew kapal sesuai dg jabatan
    nya masing2.

40. pada waktu akan menyerahkan
      tugas jaga laut,apa saja yg hrs anda
      lakukan jika :
      a. perwira jaga pengganti menurut
          anda tdk dlm kondisi pisik dan
          mental yg sehat.
      b. tepat pada saat serah terima
          jaga,kpl sedang merubah haluan
          menyimpangi kpl lain.
Jawab :
a.tindakan perwira jaga pd waktu akn
   serah terima tgs jaga jika perwira
   pengganti tdk dlm kondisi phisik &
   mental yg sehat adalah tdk menye-
   rahkan tgs jaga nya karena perwira
   jaga yg sedang tdk fit atau sehat tdk di
   benarkan untuk melakukan tgs jaga &
   hrs di tangguhkan atau digantikan dg
  perwira jaga lainnya demi keselamatan
   kapal.
b. tindakan perwira jaga pd waktu akn
    serah terima tgs jaga,kapal sedang
    merubah haluan menyimpangi kpl
    adalah hrs di selesaikan terlebihdahu-
    lu sampai perubahan haluan selesai
    dilaksanakan sampai kondisi jaga
    aman untuk melanjutkan tgs jaga
    berikutnya.

41. apa yg hrs anda lakukan sbg
      tindakan berjaga-jaga jika.
      a. kpl berada pd akhir baganpemi-
          sah (traffic separation scheme)
      b. kpl akan memasuki daerah
          tampak terbatas.
Jawab :
a.yg hrs di lakukan kpl pd akhir
   bagan pemisah adalah :
    - berlayar menjauhi daerah pemisah
      & keluar bagan pemisah pd ujung
      jalur & berlayar sesuai arah jalur.
    - berlayar dg hati2 & waspada.
    - lapor ke VTIS setempat,bahwa akan
      keluar dari TSS.
b.yg hrs di lakukan pd saat kpl akan
   memasuki daerah tampak terbatas
   yaitu :
    - menyalakan lampupenerangan
      navigasi
    - menghidupkan radar
    - menyiapkan isyarat bunyi
    - menyiapkan pembantu peng-amat
    - menyiapkan mesin
    - memberitahu nakhoda
    - mengurangi kecepan
    - mendapatkan posisi kpl sesegera
      mungkin.
42. jelaskan dg gbr prosedur penyusul-
      an kpl.
      a. diatur pelayaran sempit sesuai
          aturan 9.
      b. dilaut bebas sesuai aturan 13.
Jawab :
a.prosedur penyusulan di alur pela-
   yaran sempit adalah harus membu-
   nyikan isyarat bunyi,jika menyusul
   lambung kanan 2 panjang 1 pendek
   (   ̶    ̶   .  )  sebelah kiri 2 panjang 2
   pendek (  ̶    ̶  . . ).Jika kapal yg di-
   susul setuju membunyikan 1 tiup
   panjang ,1 tiup pendek,1 tiup panjang
   dan 1 tiup pendek (   ̶   .   ̶   . ) ,dan jika
   ragu2 hrs membunyikan 5 tiup pendek
   ( . . . . . )


 

   Kapal yg di susul














 


                                                                                                            Kapal yg menyusul


 

b.prosedur penyusulan di laut bebas 
   adalah memperhatikan  situasi dan
   kondisi dan apabila sudah memasuki  
   sudut 22.5° dari buritan kpl yg di susul
   mk sudah di anggap menyusul.

   kapal yg di susul
                     
                          
                          22.5°


 

                                               

kapal yg menyusul

43. a. Sebutkan hal2 pokok ygdicantum
          kan dlm suatu ‘master standing
          orders’
      b. jelaskan maksud catatan dibuku
       harian kpl berikut ini,’under master’s
          command and pilot advices’.
Jawab :
a.hal2 yg di cantumkan dlm master
   standing order yaitu :
    - kesiapan2 crew dek/mesin sebelum
      kapal berangkat /tiba di pelabuhan.
    - kesiapan peralatan: mesin induk,
      mesin bantu,winch jangkar/tali,air
      jangkar.
    - tanda tangan dari perwiradek/mesin,
      bosun master.
    - tgl berangkat/tiba dan jam nya.
    - permintaan nakhoda agar seluruh
      crew standby.
b.under master command and pilot
   advices adalah komando dan tang-
   gung jawab ada di tangan nakhoda
   dan pandu hanya sebagai penasehat
   atau pemberi saran yg berhubungan
   dg keselamatan pelayaran termasuk
   gambaran dari daerah di mana kapal
   berlayar yg meliputi karakter2 khusus
   daerah itu.

44. . jika dilayar radar nampak echo sbh
      target kpl pd jarak 10 mil tepat
     dihaluan.
      a. jelaskan kemungkinan2 situasi
          thp kpl kita.
      b. sebutkan kemungkinan yg paling
          berbahaya dan terangkan meng
          apa demikian.
Jawab :
a.kemungkinan situasi yg timbul jika
   di layar radar nampak echo sebuah
   target kpl pd jarak 10 mil tepat di
   haluan yaitu:
    - situasi berhadapan,jika pd siang hari
      terlihat 2 tiang menjadi satu dan pd
      malam hari 2 lampu tiang menjadi
      satu di tambah lambung kanan kiri.
    - situasi persilangan,jika di lihat salah
      satu lampu lambung berada didepan
      kpl kita.
b.kemungkinan yg paling berbahaya
   jika di layar radar nampak echo
   sebuah target kpl pd jarak 10 mil
   tepat di haluan adalah situasi tubruk-
   an,jika  baringannya tetap dan jarak
   semakin dekat mk di anggap ada
   bahaya tubrukan.

45. Pada saat jaga malam hari,sbg
      mualim jaga malihat dilambung
      sebelah kanan 2 surat haluan,sbh
      kpl yg nampak kedua lampu tiang
      dan lampu lambung merahnya.
      a. Tindakan apakah yg hrs anda
          lakukan sesuai aturan 7 resiko
          tubrukan?
      b. Jika resiko tubrukan itu dianggap
          ada,tindakan yg anda lakukan
          sesuai aturan 15 bersilangan.
Jawab :
a.tindakan yg di lakukan pd situasi
   persilangan (kita melihat lampu
   lambung merah nya ) sesuai aturan
   7 resiko tubrukan yaitu:
    - tindakan hrs tegas dlm wkt yg cukup
    - perubahan haluan hrs besar shg
      mnjadi jelas dan nyata.
    - tindakan perubahan haluan apabila
      perairan memungkinkan.
    - hrs memiliki jarak aman dan peru
      bahan kecepatan.

b.tindakan yg hrs di lakukan jika
   resiko tubrukan di anggap ada
   sesuai aturan 15 situasi persilangan
   adalah :
    - mk kapal yg mendapatkan kapal lain
      itu pd lambung kanan nya / melihat
      lampu lambung merah nya hrs
      menyimpang dan jika keadaan pe-
      ristiwa mengijinkan hrs menghindari
      utk memotong di muka kapal yg lain
      itu.

46. Sebutkan langkah2 yg hrs dilakukan
      sesuai dg Bridge Procedure Guide,
      pd wkt :
      a. One Hour Notice to EngineRoom,
          kpl akn berangkat.
      b. Taking Over The Sea Watch
          dilaut.
Jawab :
langkah2 yg hrs di lakukan sesuai Bridge Procedure Guide pd :
a.one hour notice to engine room
   kapal akan berangkat adalah:
    - menyiapkan mesin induk,
    - menyiapkanmesin kemudi,
    - menyiapkanlistrik,
    - menyiapkanmesin jangkar,
    - menyiapkansuling,
    - menyiapkanmesin winchless dsb
      agar kamar mesin siap untuk
      persiapan kapal berangkat.
b.taking over the sea watch di laut
   adalah :
    - Perwira pengganti hrs menjamin
      bhwa anggotanya mampumenjalan-
      kan tugas dg baik mampu menye-
      suaikan pandangan di mlm hari
    - Perwira pengganti hrs memperoleh
      kepastian ttg :
         * perintah harian dan petunjuk
            khusus nakhoda berkaitan dg
            navigasi.
         * posisi,haluan,kecepatan dan
            sarat kpl.
         * keadaan laut saat itu.
         * prosedur penggunaan mesin
            induk utk olah gerak jika  dlm
            kaadan darurat.
         * kondisi semua alat navigasi hrs
            baik.

47. Jelaskan dg gbr prosedur
      penyusulan antar kpl.
      a. sesuai aturan 13 (dilaut lepas)
      b. sesuai aturan 9 (dialur pelayaran
          sempit)
Jawab :
a. prosedur penyusulan di laut bebas 
   adalah memperhatikan  situasi dan
   kondisi dan apabila sudah memasuki  
   sudut 22.5° dari buritan kpl yg di susul
   mk sudah di anggap menyusul.

   kapal yg di susul
                     
                          
                          22.5°


 

                                               

kapal yg menyusul
b. prosedur penyusulan di alur pela-
   yaran sempit adalah harus membu-
   nyikan isyarat bunyi,jika menyusul
   lambung kanan 2 panjang 1 pendek
   (   ̶    ̶   .  )  sebelah kiri 2 panjang 2
   pendek (  ̶    ̶  . . ).Jika kapal yg di-
   susul setuju membunyikan 1 tiup
   panjang ,1 tiup pendek,1 tiup panjang
   dan 1 tiup pendek (   ̶   .   ̶   . ) ,dan jika
   ragu2 hrs membunyikan 5 tiup pendek
   ( . . . . . )



 

   Kapal yg di susul














 


                                                                                                            Kapal yg menyusul


 

48. Langkah apa yg hrs anda lakukan
      sbg perwira jaga,jika :
      a. Dimalam hari melihat isyarat
          cahaya yg berarti “WHAT SHIP’’
      b. Kpl berlayar melintasi ‘’Reporting
          Point’’ didlm suatru vessel’s traffic
          system pelabuhan.
Jawab :
a.tindakan perwira jaga jika pd malam
   hari melihat isyarat cahaya yg
   berarti “what ship” yaitu :
     - menjawab dg mengisyaratkan
       isyarat cahaya 1 kilatan panjang
       (   ̶   ) atau dg membunyikan isyarat
       bunyi 1 tiup panjang (   ̶   ).
     - melakukan pengamatan dg seksa-
       ma dan cermat untuk mendukung
       keselamatan navigasi.
     - melakukan baringan thd kpl yg
       mengisyaratkan cahaya,apakah
       ada resiko tubrukan atau tdk.
     - melakukan komunikasi dg kapal yg
       mengisyaratkan cahaya itu,untuk
       tujuan tindakan apa yg hrs di
       lakukan oleh masing2 kapal.
     - menggunakan sarana bantu
       navigasi( radar,binocular dll ) untuk
       mengamati kapal yg mengisyarat-
       kan cahaya itu untuk mencegah
       terjadinya tubrukan.
b. tindakan perwira jaga jika melintasi
    “Reporting Point” pd VTS yaitu :
       - melaporkanposisi,haluan,kec,
         tujuan dan ETA ke VTS setempat.
       - melaporkan apakah ada muatan
         berbahaya atau tdk.
       - minta informasi kpd VTS tentang
         keadaan di sekitar perairan yg di
         layari
       - lapor ke VTIS apabila akan
         memotong alur pelayaran.

49. Dilayar radar pada jarak 10 mil tepat
      dihaluan tampak echo suatu target,
      tindakan apa yg hrs anda lakukan
      sbg perwira jaga,jika target itu adlah:
      a. Kpl yg dlm situasi berhadapan
      b. Anda menyusul kpl tsb.
      c. Sbh pulau atau daratan.
Jawab :
a.tindakan yg hrs di lakukan jika di
    layar radar tampak echo suatu
    target pd jarak 10 mil tepat di
    haluan pada situasi berhadapan
    yaitu:
      - hrs selalu berpegang bahwa baha-
        ya tubrukan dpt terjadi kapan saja
        & dalam keadaan apapun ,mk kita
        hrs selalu waspada.
      - segera lakukan perubahan haluan
        kekanan sesuai dg aturan 14,apa-
    bila keadaan perairan memungkinkan
b. tindakan yg hrs di lakukan jika di
    layar radar tampak echo suatu
    target pd jarak 10 mil tepat di
    haluan pada situasi menyusul
    kapal lain yaitu:
       - memeriksa perubahan haluan
         kapal tsb.
       - amati perubahan kecepatan kapal
         kita thd kapal tsb.
       - apabila mungkin untuk melakukan
          penyusulan ,jaga jarak aman &
          berikan isyarat penyusulan.
       - bila telah menerima isyarat perse-
         tujuan dari kapal di depan tsb baru
         kita lakukan penyusulan.
c. tindakan yg hrs di lakukan jika di
    layar radar tampak echo suatu
    target pd jarak 10 mil tepat di
    haluan pada situasi sebuah pulau
    atau daratan yaitu:
       - melakukan pengamatan dg me
         merinahkan juru mudi,mengati dg
         seksama ,apakah ada kapal atau
         nelayan di sekitar pulau tsb,jika
         perlu kita mengurangi laju kapal.
       - memeriksa perairan di pulau tsb di
         peta apakah aman bila melakukan
         perubahan haluan ,dg jarak terten
         tu dari pulau tsb dan simpulkan
         berapa besar perubahan haluan
         yg aman yg dapat kita lakukan.
       - lakukan perubahan haluan.

50. Apakah yg dimaksud dg istilah
      berikut ini :
      a. Kpl bantal udara,sedang bero-
          perasi tanpa berat benaman.
      b. Mempertahankan haluan dan
          kecepatan.
      c. Kondisi saling melihat
      d. Penerangan tiang.
Jawab :
a.kapal bantalan udara ,sedang
   beroperasi tanpa berat benaman=
   kapal yg menggunakan bantalan
   udara untuk berolah gerak di air ,shg
   oleh karena ada bantalan udaranya itu
   kapal tdk mempunyai berat benaman
   tetapi bisa berolah gerak di air.
b.mempertahankan haluan &
   kecepatan= mempertahankan haluan
   dan kecepatan kapal dg sedemikian
   rupa( sesuai aturan 17 P2TL ) karena
   dalam situasi tertentu ada kapal lain
   sudah di haruskan untuk menyimpang
   dari kpl kita (sesuai aturan 16 P2TL).
c.kondisi saling melihat=apabila
   masing2 kapal dapat mengamati kapal
   lain tsb secara visual.
d.penerangan tiang=lampu putih yg di
   tempatkan di atas garis pertengahan
   muka-belakang kapal yg memperlihat-
   kan cahaya tetap,meliputi busurcakra-
   wala sebesar 225° dan di pasang
   demikian,shg emperlihatkan cahaya
   dari lurus ke muka sampai 22,5° lebih
   ke belakang dari pada arah melintang
   pd masing2 lambung kapal.

51. a.Sebutkan tugas dan tanggung
         jawab perwira jaga dianjungan,
        secara garis besarnya pada saat
        kpl sedang berlayar dilaut lepas.
      b. Sebutkan tugas dan tanggung
         jawab seorang pandu,yg sedang
         bertugas dikpl tenaga yg sedang
         berlayar.
      c. Bagaiman tindakan seorang
          perwira jaga,apabila timbul
          keraguan thp tindakan pandu?
Jawab :
a.Tugas & tanggung jawab perwira
    tgs jaga di anjungan pd saat
    berlayar yaitu:
    Melayarkan kapal dari suatu tempat
    tolak ke tempat tujuan dgmemperhati-
    kan :keamanan kapal,keamanan
    muatan,penentuan posisi,terhindar
    dari bahaya navbigasi dll.menurut
    aturan 2 b pertanggungan jawab hrs
    memperhatikan semua bahaya

     navigasi & mencegah bahaya tubruk-
     an termasuk keadaan khusus ,keter-
     batasan kapal yg bersangkutan,yg
     dapat memaksa menyimpang dari
     aturan2 ini,untuk menghindari
     bahaya yg mendadak.
b.tugas & tanggungjawab seorang
   pandu di kapal tenaga yg sedang
   berlayar: menyarankan atau memberi
   arahan agar kapal dalam pelayaran-
   nya aman,selamat dan efisien serta
   memberikan informasi2 tentangkondisi
   lokal perairan setempat mengenai :  
   dlm dan lebarnya perairan,kepadatan
   lalu lintas kapal,rambu2 navigasi dan
   keadaan khusus perairan.
c.tindakan perwira jaga apabila timbul
   keragu-raguan thd tindakan pandu
   yaitu : perwira jaga hrs minta penjelas-
   an dr pandu, dan jika keraguan tetap
   berlanjut hrs memberitahu nakhoda
   secepatnya dan mengambil tindakan
   apa saja yg perlu sebelum nakhoda
   datang.jika amat perlu segera meng-
   ambil alih komando dari pandu,karena
   pandu hanya sebagai penasehat di
   atas kapal.

52. Pada saat kpl anda mendekati kapal
      lain.
       a. Bilamana pendekatan itu disebut
           sbg situasi saling berhadapan?
       b. Pada saat kpn anda mengguna-
           kan aturan V?
       c. Kpl yg diwajibkan menyimpang
           bolehkah merubah haluan kekiri
          bila dlm situasi saling memotong?
Jawab :
a.kapal saling mendekat, bilamana
   pendekatan itu di sebut sebagai
   situasi berhadapan yaitu:
   jika pd siang hari terlihat 2 tiang
   menjadi satu dan pd malam hari 2
   lampu tiang menjadi satu di tambah
   lambung kanan kiri.
b.dalam situasi berhadapan ,kapan
   menggunakan aturan 5 adalah setiap
   saat dg pengamatan yg cermat,mene-
   liti,mengamati & memperhitungkan
   tindakan yg layak thd situasi & bahaya
   tubrukan dg menggunakan sarana yg
   ada di anjungan ( binocullar,radar,alat
   baring,radio telephony dsb ).
c.dalam situasi saling memotong kpl
   yg di wajibkan menyimpang boleh-
   kah merubah haluan kekiri.
   sesuai aturan 15 kapal yg mendapat-
   kan kapal lain itu pd lambung kanan
   nya hrs menyimpang,& jika keadaan
   mengijinkan,hrs menghindari memo-
   tong di muka kapal lain itu .mk kapal
   yg diwajibkan menyimpang boleh
   merubah haluan kekiri selama sudut
   antara kedua kapal semakin membe-
   sar dan tdk menimbulkan bahaya
   tubrukan.

53. a. Bagaimana tingkat tanggung
          jawab antar kpl menurut aturan
          18?jelaskan!
      b. Bila akan terjadi bahaya menda-
          dak bolehkah kita menghindar
          dari peraturan p2tl?
      c. Kpn anda mengetahui akn terjadi
          nya bahaya tubrukan itu?
Jawab :
a.tingkat tanggungjawab antar kapal
    menurut aturan 18 yaitu :
    @ kapal tenaga  yg sedang berlayar
         hrs menghindari kapal.
           - Kapal yg tdk dapat di olah gerak
           - Kapal yg terbatas kemampuan
             olah gerak nya.
           - Kapal yg sedang menangkap
              ikan.
           - Kapal layar.
    @ kapal layar yg sedang berlayar hrs
        menghindari kapal.
           - Kapal yg tdk dpt di olah gerak
           - Kapal yg terbatas kemampuan
             olah gerak nya.Kapal yg sedang
             menagkap ikan.
    @ kapal yg sedang menangkap ikan
         yg sedang berlayar hrs meng-
         hindari kapal.
           - Kapal yg tdk dpt di olah gerak.
           - Kapal yg terbatas kemampuan
             olah gerak nya.
    @ setiap kapal kecuali kapal yg tdk
         dpt di olah gerak & kapal yg
         terbatas kemampuan olah gerak
         nya hrs menghindari kapal yg
         terkekang oleh sarat nya.
    @ pesawat terbang laut yg sedang
         berolah gerak di air hrs meng-
         hindari & membebaskan semua
         kapal.
b.bila akan terjadi bahaya mendadak
    bolehkah menghindar dari aturan
    P2TL.boleh menyimpang (aturan 2 b)
    demi keselamatan navigasi &
    menghindari bahaya yg mendadak.
c. cara mengetahui bahwa ada resiko
    tubrukan :
      - Merasa ragu2.
      - Perubahan baringan pedoman kpl
        yg mendekat dg perubahan yg tdk
        berarti.
      - Perubahan baringan besar,tetapi
        mendekati kapal yg sangat besar,
        kapal tunda,dalam jarak terlalu
        dekat.
54.









 








      a. Faktor2 apakah yg hrs anda
          pertimbangkan saat memasuki
          APS (alur pelayaran sempit)?
      b. Jelaskan proses penyusulan pd
          alur tsb!
      c. Jelaskan tata cara berlayar di
          APS sesuai aturan?
Jawab :
a.faktor2 yg hrs di pertimbangkan
   saat memasuki APS yaitu:
    - Kepadatan LALIN
    - Kedalaman perairan tsb
    - Keadaan cuaca
    - Kecepatan aman dari kapal itu
      sendiri
    - Jarak pandang,dll
b. prosedur penyusulan di alur pela-
   yaran sempit adalah harus membu-
   nyikan isyarat bunyi,jika menyusul
   lambung kanan 2 panjang 1 pendek
   (   ̶    ̶   .  )  sebelah kiri 2 panjang 2
   pendek (  ̶    ̶  . . ).Jika kapal yg di-
   susul setuju membunyikan 1 tiup
   panjang ,1 tiup pendek,1 tiup panjang
   dan 1 tiup pendek (   ̶   .   ̶   . ) ,dan jika
   ragu2 hrs membunyikan 5 tiup pendek
   ( . . . . . )
c.tata cara berlayar d APS sesuai
   aturan P2TL adalah Berlayar sedekat
   mungkin dg batas luar alur yg berada
   pd sisi lambung kanan kapal selama
   masih aman & dpt di laksanakan.

55. a. Hal-hal apakah yg perlu anda
          perhatikan saat serah terima
          tugas jaga laut?
      b. Apa tujuanya dibentuknya
          organisasi anjungan ?jelaskan!
      c. Pertukaran informasi apa saja
          nakhoda dan pandu diatas kpl?
jelaskan!
Jawab :
a.hal2 yg hrs di perhatikan saat serah
   terima tgs jaga yaitu :
    - Perwira pengganti tdk boleh meng-
      ambil alih tgs jaga sebelum menye-
      suaikan sepenuh nya pandangan dg
      kondisi cahaya yg ada.
    - Perwira pengganti hrs menjamin
      anggotanya mampu menjalankan
      tgs2 khususnya.
    - Perwira pengganti mendapat kepas-
      tian tentang posisi kapal sebenar-
      nya/posisi duga,kejelasan mengenai
      haluan dan kecepatan pengendalian
     machinery space(UMS)dan mencatat
      semua bahaya navigasi selama tgs
      jaganya,standing order/night order,
      sarat kapal,kondisi laut pd saat itu,
      keadaan cuaca,jarak tampak,
      pengaruh hal2 tsb thd haluan &
      kecepatan kapal.
    - Prosedur2 penggunaan mesin induk
      untuk olah gerak kapal jika mesin
      induk berada di bawah kendali
      anjungan.
    - Situasi navigasi termasuk : kondisi
      operasional seluruh peralatan navi-
      gasi,kesalahan kompas gyro & kom-
      pas magnit,adanya kapal2 lain yg
      terlihat,kemungkinan adanya efek2
      kemiringan ,trim dan berat jenis air.
    - Serah terima dapat di tangguhkan
      jika perwira yg di ganti dalam keada-
      an mendesak (olah gerak menghin-
      dari tubrukan).
 b.tujuan di bentuknya organisasi
    anjungan yaitu :
     - Mngurangi resiko dari penyimpang-
       an seseorang yg dpt menimbulkan
       kecelakaan.
     - Menekan akan pentingnya penga-
       matan yg baik & mnghindari adanya
       bhaya tubrukan.
     - Mningkatkan kewaspadaan agar kpl
       dpt tiba dipelbhn. Tujuan dg slamat.
     - Bagaimana mempersiapkan kesela-
       matan navigasi dilakukan dg baik.
     - Bagaimana arahan nakhoda didu-
       kung oleh para Perwira & awak kpl
       shg keadaan kpl dlm kondisi terkon-
       trol dg baik & didukung oleh pandu.
c.informasi pertukaran antara
   nakhoda & pandu yaitu:
     - Data2 karakteristik kapal.
     - Ship particular.
     - Keadaan setempat perairan/kondisi
       lokal.
     - Data2 penanganan kpl yg relevan,
       mis. Draft, trim 7 lingkaran putar kpl.
     - Sifat2 manuver kpl pd kedlaman
       dari lebar perairan yg besar.
     - Hal yg diusulkan rencana, alternatif,
       tempat berlabuh jangkar yg baik
       dan tempat sandar.

56. a. Apa yg dimaksud dg standing
          order itu? Dan dibuat oleh siapa?
      b. Jlskan prinsip2 dasar dlm melak-
          sanakan tgs jaga yg baik sesuai
        STCW 78 amandemen 95,jelaskan!
      c. Seorang perwira jaga dlm melak-
          sanakan tgs jaga laut hrs dpt
          menguasai anjungan.apakah
      maksudnya?jelaskan jawaban anda!
Jawab :
a. standing order adalah pemberitahu- 
    an /perintah dari nakhoda agar kapal
    dan seluruh crew nya bersiap-siap utk
    tiba atau berangkat ke dan dari pela-
    buhan tujuan dan di laksanankan oleh
    seluruh crew kapal sesuai dg jabatan
    nya masing2.
b.prinsip2 dasar dalam melaksanakan
   tgs jaga yg baik sesuai STCW ’78
   amandemen ’95 yaitu :
    - Prinsip2 dasar yg hrs di patuhi dlm
      memelihara suatu tgs navigasi yg
      aman.
    - Rekomendasi untuk pedoman ope-
      rasional untuk perwira tgs jaga yg
      bertanggungjawab atas suatu tgs
      navigasi.
    - Rekomendasi2 atas pedoman prin-
      sip dan operasional bagi para per-
      wira geladak kapal yg bertanggung-
      jawab atas penjagaan di pelabuhan
c.menguasai anjungan maksudnya
    yaitu :
    - Dapat menguasai serta mengetahui
      keadaan kapal & sekeliling nya dari
      anjungan.
    - Dapat menguasai penggunaan se-
      mua alat navigasi yg ada di anjung-
      an dalam hal mengambil tindakan
      untuk keselamatan kapal dari
      bahaya2 khusus navigasi.
    - Mengetahui perintah2 harian & pe-
      tunjuk2 khusus dari nakhoda
    - Mengetahui setiap saat posisi,
      haluan,kecepatan dan sarat kapal.

57. a. Apakah kpl2 dpt memperlihatkan
          penerangan2 tambahan / isyarat2
          tambahan selain dr ketentuan yg
          ada?jlskan!
      b. Apa tujuan dilaksanakan suatu
          pengamatan ?
      c. Apa yg dimaksud dg kpl yg tdk dpt
      dikendalikan(Not Under Command)?
Jawab :
a.dapatkah memperlihatkan pene-
   rangan/isyarat2 tambahan selain
   dari ketentuan yg ada : Dpt jika di-
   anggap perlu sesuai menurut atauran
   37, dimana setiap kpl bleh menguna-
   an penerangan2/isarat tmbhan sbg
   suatu isyarat menarik perhatian kpl2
   lain, apabila menghadapi suatu bhaya.
b.tujuan di laksanakan suatu
     pengamatan yaitu :untuk membuat
     penilaian lengkap tentang adanya
     bahaya yg mengancam keselamtan
     pelayaran, di laksanakan setiap saat
     dan di lakukan dg peralatan yg ada
     diatas kapal maupun dg visual,pen-
     dengaran,dll
c .Not under command adalah kapal
    yg oleh karena sesuatu keadaan
     istimewa tdk mampu di kendalikan
    sebagaimana ditetapkan oleh aturan2
     P2TL dan oleh karena nya tdk
     mampu menyimpangi kapal lain nya.

59. Penerangan2 apakah yg hrs diper-
      lihatkan oleh kpl2 dibawah ini :
     a. Kapal Induk (yg melandaskan
         pesawat)
     b. Kapal pembersih ranjau
     c. Kapal keruk
     d. Kapal yg tersekap saratnya
Jawab :
a.kapal induk yg melandaskan
   pesawat = Merah putih merah ber-
   susun tegak lurus ditambah penerang-
   an nav. & penerangan yg memudah-
   kan bhw kpl tsb kpl induk.
b.kapal pembersih ranjau = memper-
   lihatkan 3 lampu hijau keliling atau 3
   bola, 1 dari lampu2 atau sosok benda
   ini di perlihatkan di dekat puncak tiang
   muka dan 1 pd tiap ujung andang2
   muka lampu2 atau sosok benda.
c.kapal keruk = memperlihatkan 3
   lampu keliling dlm garis tegak,yg
   paling atas & bawah (merah) yg
   tengah (putih) atau 3 sosok benda dlm
   garis tegak ,yg tertinggi dan terendah
   (bola) dan yg tengah (belah ketupat)
   apabila ada laju thd air hrs memperli-
   hatkan lampu tiang,lambung & buritan.
d.kapal yg terkekang oleh saratnya =
   memperlihatkan 3 lampu merah
   keliling dalam garis tegak atau sebuah
   silinder.

60. a. Kapankah seorang perwira jaga
          hrs memberitakan nakhoda se-
          suai Bab VIII STCW 95?
      b. Hal-hal apa yg hrs diperhatikan
          sbg perwira jaga navigasi wkt
          berlabuh jangkar?
Jawab :
a.kapan perwira jaga hrs memberi-
   tahu nakhoda sesuai Bab VIII STCW
   ’95 yaitu :
    - Jika terjadi atau di perkirakan akan
       terjadi berkurangnya jarak tampak.
    - Jika kondisi LALIN & gerakan kapl2
       memerlukan perhatian khusus.
    - Sulit mempertahankan haluan yg
      benar.
    - Jika dlm cuaca buruk & ragu2
      mengambil keputusan.
    - Jika peralatan radio tdk berfungsi.
    - Jika menemui/mendekatibahaya
      navigasi.
b.hal2 yg hrs di perhatikan oleh perwira jaga saat berlabuh jangkar yaitu :
  - Menentukan & menggambar posisi
    kapal pd peta sedini mungkin.
  - Memastikan bahwa kapal tetap pd
    posisi labuh jangkar yg aman dg
    memeriksa baringan rambu navigasi
    permanen yg ada secara berkala.
  - Mengamati keadaan cuaca ,gelom-
    bang serta jarak aman dg kapal2 lain
    yg berlabuh di sekitarnya.
  - Standby radio VHF channel 16 &
    channel port operation setempat dan
    pastikan ronda keliling tetap di jalan-
    kan oleh ABK yg di tunjuk.
  - Memberitahu nakhoda dan mengam-
    bil tindakan yg perlu sedini mungkin
    jika jangkar larat,jarak tampak tak
    terbatas,ada kapal2 yg mencurigakan
    mendekat.
  - Memastikan bahwa kesiapan mesin
    induk dan mesin2 lain telah sesuai dg
    petunjuk2 nakhoda.
  - Memastikan bahwa kapal telah me-
    nunjukkan lampu2 dan tanda2 siang
    hari serta isyarat2 bunyi yg benar
    sesuai dg peraturan yg ada.
  - Mengambil langkah2untuk melindungi
    lingkungan dan pencemaran oleh kpl
    dg mematuhi peraturan pencegahan
    pencemaran yg berlaku.

61. Berikan definisi atau pengertian
      serta keterangan/gbr penjelas atas
      ungkapan dibawah ini :
       a. Penerangan olah gerak
       b. Penerangan cerlang
       c. Kpl sedang menyusul kpl lain
       d. Tampak terbatas
       e. Perairan sempit
Jawab :
a. penerangan olah gerak adalah
    sebuah penerangan keliling putih yg
    ditempatkan dibidang tegak ygmelalui
     penerangan tiang pada ketinggian
    minimum 2 meter tegak lurus di atas /
    dibawah penerangan tiang belakang
    dan dapat kelihatan pada jarak 5 mil.
 b.penerangan cerlang adalah lampu
    yg berkelip-kelip dg selang waktu
    teratur pd frekuensi 120 kelipan atau
    lebih,setiap menit.
c.kapal yg sedang menyusul kapal
   lain adalah kapal yg telah mendekati
   kapal lain dari jurusan lebih dari 22.5°
   di belakang arah melintang,shg pd
   mlm hari hanya dpt melihat lampu
   buritan nya  tetapi tdk satupun dari
   lampu2 lambung nya kapal yg disusul.
d. tampak terbatas =suatu kondisi di
    mana pengamatan terhalang oleh
    suatu sebab seperti (kabut,hujan,
    badai,ombak besar dll ).
e.perairan sempit adalah perairan yg di
    batasi oleh lebar dan dlm nya
    perairan,contoh : sungai ,selat.

62. a. Bagi siapa saja p2tl ini diberlaku-
          kan dan dimana saja hal ini
          berlaku ?
      b. Anda sbg seorg perwira diatas
         kpl,hrskah anda memenuhi semua
         aturan2 yg tercantum dlm p2tl?
         jlskan jawaban anda!
      c. Kapankah saudara hrs menem-
          patkan pengawas dikapal saudara
      d. Sebutkan syarat2 utk bisa ditem-
          patkan menjadi seorang
          pengawas?
Jawab :
a.P2TL berlaku bagi : semua kapal
   atau apa saja yg mengapung & bisa
   memindahkan barang atau jasa dari
   tempat satu ke tempat lain.serta ber-
   laku di semua perairan yg dapat di
   layari oleh kapal & behubungan dg
   laut lepas.
b.sebagai perwira kapal kita hrs
   memenuhi semua aturan2 P2TL demi
   keselamatan navigasi kapal kecuali
   jika timbul bahaya2 yg mendadak yg
   memaksa kita hrs menyimpang dari
   aturan P2TL demi keselamatan
   navigasi.
c.kapan hrs menempatkan pengawas
   di kapal yaitu :
    - Dalam perairan sempit.
    - Dalam pelayaran di selat2.
    - Jika LALIN kapal yg ramai.
    - Jika di anggap perlu dan amat pen-
      ting karena kondisi perairan yg
      kurang aman untuk pelayaran.
d.syarat2 untuk jadi seorang peng-
   awas yaitu :
    - Dalam kondisi fit atau sehat/bugar
      yg menyangkut kesehatan jasmani
      & rohani.
    - Tdk dalam mengkonsumsi alcohol
      atau obat-obatan terlarang.
    - Hrs mampu & mengerti akan tgs nya
    - Tdk mempunyai tgs lain.
    - Cakap sebagai seorang pengawas ,
      termasuk dlm menggunakan
      sarana2 bantu(binocular,radar dll).

63. a. Anda berlayar diatas kpl tenaga.
          dilambung kanan anda terdapat
          kpl lain.setelah anda baring ber-
          ulang kali dg selang wkt ygsama.
          ternyata baringanya tetap.tdk
          menampakan perubahan2 yg
          berarti.kemungkinan2 apakah yg
          mungkin terjadi antara kedua kpl
         tsb?berikan penjelasan seperlunya
         atas jawaban saudara itu!
   
    b. Anda berlayar diatas kpl tenaga
        dlm daerah kabut.
        Angin bertiup kencang dari haluan.
        tepat dari haluan kpl anda,anda
        mendengar sayup2 isyarat kabut
        kpl lain sbb : ▬ · · (satu tiup pan-
        jang diikuti dua tiup pendek) ber-
        turut-turut dg selang wkt kurang
        lebih 2 (dua) menit.
          1. Isyarat kabut apa sajakh itu
          2. Bagaimana tindakan anda
              Selanjutnya.
Jawab :
a.kemungkinan yg terjadi yaitu situasi
   tubrukan karena baringan nya tetap
   dan tdk menampakkan perubahan2 yg
   berarti shg sesuai aturan 15 kita yg
   mendapatkan kapal lain di lambung
   kanan nya,hrs ,menyimpang  dan jika
   keadaan peristiwa mengijinkan hrs
   menghindari utk memotong di muka
   kpl yg lain itu.
b. 1. (  ̶  . . ) 1 panjang 2 pendek adalah
         isyarat bunyi dalam penglihatan
         terbatas oleh kapal yg tdk dpt di
         olah gerak ,kapal yg terbatas ke-
         mampuan olah gerak nya ,kapal
         yg terkekang oleh saratnya,kapal
         yg menangkap ikan ada laju thd
         air dan kapal yg menunda  atau
         mendorong kapal lain.
    2. tindakan yg hrs di lakukan jika
        mendengar isyarat kabut ini
        adalah
          - Kurangi kecepatan jika perlu
            stop,mesin mundur sampai kapal
            berhenti(aturan 19 e).
          - Lakukan pengamatan dg cermat
            dg sarana yg ada(teropong,radar
            dll) Hrs menghindari kapal itu krn
            kapal tsb sulit di olah gerak.

64. Penerangan2 apa saja yg hrs
      diperlihatkan pd malam hari oleh :
      (cukup dg gbr,diulihat dari lambung
       kiri)
       a. Kpl sedang menangkap ikan dg
           alat bukan dogol,panjang kpl 65
           m,sedang labuh jangkar dan
           menarik alat penangkap ikanya.
       b. Kapal sedang membersihkan
           ranjau ; panjang kapal 65 m, dg
           laju 20 knots.
       c. Kpl sedang bertugaskepanduan,
           berlabuh jangkar.
Jawab :
Penerangan mlm hari lambung kiri pada:
a.kapal sedang menangkap ikan dg
   alat bukan dogol,panjang kapal 65m
   sedang labuh jangkar dan sedang
   menarik alat penangkap ikan nya =
   2 lampu tiang muka dan belakang,
   lampu lambung(merah),lampu buritan
  dan 2 keliling dlm garis tegak,di atas
  merah,di bawah putih
                                                     P                         
  L jangkar keliling=360°      
           
                                                     M                   
  Lampu keliling=360°
                                                         P           
   
                                                  
b.kapal pembersih ranjau panjang
   65 m ,V 20 kts = 2 lampu tiang muka
   dan blkg,lampu lambung(merah),
   3 lampu hijau keliling(1 dekat puncak
   tiang,2 pd tiap andang2 muka).

                            P     L.tiang blkg=225°
                                 
       P                   H     L keliling=360°
L.tiang dpn 360°
                                  
                        H             H                            
L.keliling=360°         L.keliling=360°

                                      
                                        M
    Lampu lambung kiri  =112.5°

c.kapal sedang bertugas kepanduan,
   berlabuh jangkar=lampu tiang,lampu
   lambung(merah),2 lampu keliling(atas
   putih,bawah merah).


 

                                                   P           L.jangkar          keliling=360°
                                                   P      
                                                  M           Lampu keliling=360°
                                    

65. Isyarat bunyi kabut apa saja yg hrs
     diperdengarkan oleh :
      a. Kapal sedang menangkap ikan dg
          dogol,berpapasan.
      b. Kapal keruk yg sedang melaku-
          kan pengerukan dan mempunyai
          laju,sementara itu hanya pd sisi
          kirinya yg dpt dilayari,sedangkan
          disisi kanannya berbahaya utk
          dilalui.
      c. Kapal tangki raksasa (VLCC),kan-
          das bagian haluanya.
Jawab :
Isyarat bunyi kabut yang harus diper-dengarkan oleh :
  a. kapal sedang menangkap ikan dg 
      dogol dan berpasangan adalah
      1 tiup panjang dan 2 tiup pendek
      (   ̶  . .  )


b. kapal keruk yang sedang melaku-
      kan pengerukan sementara disisi
      kirinya dapat di layari sedangkan
      sisi kanannya berbahaya untuk di
      lalui dan mempunyai laju adalah
      1 tiup panjang 2 tiup pendek (  ̶   . . ),
      sisi kanan yang berbahaya di bunyi-
      kan genta secara cepat atau pene-
      rangan cerlang.
  c. kapal tanki raksasa, kandas bagi-
      an haluannya adalah memperde-
      ngarkan 3 ketuk terpisah sebelum &
      segera sesudah bunyi genta dg
      cepat 5 detik di tambah gong, sbg
      tambahan membunyikan suling yang
      sesuai  2 tiup pendek di susul 1 tiup
      panjang   ( . .  ̶   )

66. a. Dimana dan oleh siapakah atur-
          an2 didalam peraturan internasio-
          nal mencegah tubrukan dilaut
          1972 dilaksanakan dan ditaati.
      b. Dptkah aturan2 ini tdk dilaksana-
          kan,berikan alasan!
      c. Disamping aturan2 Internasional,
          terdpt pula aturan khusus (lokal
          yg boleh dibuat oleh pemerintah/
          negara setempat)Apakah persya-
          ratan dari aturan khusus ini.
Jawab :
a.menurut aturan 1 (a ) pemberlakuan
   ,aturan ini berlaku bagi semua kpl
   dilaut lepas dan di semua perairan yg
   berhubungan dg laut dan dpt di layari.
 aturan P2TL di laksanakan setiap saat
   dan bagi semua kpl.
b.apakah aturan P2TL  boleh tdk di
   laksanakan,
   jawab.boleh tidak di laksanakan jika
   timbul bahaya2 yg mendadak demi
   keselamatan navigasi.
c.persyaratan aturan2 khusus yaitu :
    - aturan2 khusus itu hrs di buat semi-
      rip mungkin dg aturan internasional
      shg tdk akan di kelirukan dg tiap
      lampu,sosok benda atau isyarat
     apapun yg di tetapkan dalam aturan
      internasional.
    - kapal dg kontruksi khusus ,sehu-
      bungan dg jumlah,tempat,jarak atau
      busur tampak lampu2 atau sosok
      benda ,maupun penempatan dan
      ciri2 alat isyarat bunyi ,hrs di buat
      semirip mungkin dg aturan
      internasional.

67. a. Jelaskan tugas dan tanggung
          jawab seorang pandu dikapal yg
          sedang berlayar
      b. Bagaimana hubungan krj antara
          seorang pandu dg perwira tugas
          jaga dikapal dlm hal tugas dan
          kewajibannya masing2.
      c. Bagaimana tindakan perwira
          tugas jaga apabila timbul ke-
          ragu2an thp seorang pandu yg
          sedang bertugas dikpl.
Jawab :
a.tgs dan tanggungjawab pandu pd
   kapal yg sedang berlayar yaitu
   menyarankan atau memberi arahan
   agar kapal dalam pelayaran nya
   aman,selamat dan efisien serta mem-
   berikan informasi2 tentang kondisi
   lokal perairan setempat mengenai :
   dlm dan lebarnya perairan,kepadatan
   lalu lintas kapal,rambu2 navigasi dan
   keadaan khusus perairan.
b.hubungan antara pandu dan per-
   wira tgs jaga dlm hal tgs dan kewa-
   jiban nya masing2 yaitu perwira jaga
   memegang penuh komando navigasi
   di bawah wewenang nakhoda dan
   pandu menyarankan atau memberi
   informasi2 yg berhubungan dg
   keselamatan navigasi kapal.
c.tindakan perwira jaga apabila timbul
   keragu-raguan thd seorang pandu
   adalah perwira jaga hrs minta penje-
   lasan dr pandu, dan jika keraguan
   tetap berlanjut hrs memberitahu
   nakhoda secepatnya dan mengambil
   tindakan apa saja yg perlu sebelum
   nakhoda datang.jika amat perlu
   segera mengambil alih komando dari
   pandu, karena pandu hanya sebagai
   penasehat di atas kapal.


68.
                                                                                                                       


    Kpl A dan B berhadapan dan akan
    terjadi bahaya tubrukan.
     a. Bagaimana cara masing2 kpl utk
        dpt menentukan hal tsb.
     b. Bagaimana tindakan masing2 kpl
        (A/B) berdasarkan aturan yg
        berlaku,apabila :
          1. A = Tenaga ; B = Tenaga
          2. A = Tenaga ; B = Layar
          3. A = Layar    ; B = Layar
          4. A = Tenaga ; B = Tenaga,dlm
              daerah berkabut.
Jawab :
a.cara masing2 kapal untuk dpt
    menentukan haluan nya adalah
    masing2 kapal hrs merubah haluan
    nya ke kanan,shg keduanya akan
    saling berpapasan pada lambung kiri
    nya (aturan 14 a).
b.tindakan masing2 kapal jika,
   1. A kapal tenaga, B kapal tenaga
      yaitu masing2 kapal hrs merubah
      haluan nya ke kanan,shg keduanya
      akan saling berpapasan pada lam-
      bung kiri nya (aturan 14 a).
   2. A kapal tenaga , B kapal layar
      Yaitu kapal A menyimpang dari
      kapal B (aturan 18 a/IV) dan kapal B
      mempertahankan haluan dan kece
      patannya ( aturan 17 ).
   3. A kapal layar ,B kapal layar yaitu
      kapal A hrs menghindari kapal B
      karena kapal A mendapat angin pd
      lambung kiri nya hrs menghindar
      ( aturan 12 a/I ).
   4. A kapal tenaga,B kapal tenaga
     dlm daerah berkabut yaitu kapal A
    hrs menghindari kapal B karena kapal
    A dapat melihat kapal B (aturan 19 d )

69. Saudara sbg perwira tugas jaga
      dikpl tenaga yg sedang berlayar
      diperairan sempit (sesuai Aturan
      PIMTL 1972).
       a. Tindakan apakah yg hrs dilaku-
           kan utk dpt berlayar aman.
      b. Tindakan apakah yg hrs dilakukan
        apabila sedang berlayar mendekati
         tikungan (belokan) yg terhalang
         oleh pepohonan.
      c. Tindakan apakah yg hrs dilakukan
          apabila akn mendahului kpl lain dr
          sebelah kiri.
Jawab :
a.tata cara berlayar d APS sesuai
   aturan P2TL adalah Berlayar sedekat
   mungkin dg batas luar alur yg berada
   pd sisi lambung kanan kapal selama
   masih aman & dpt di laksanakan.
b.apabila mendekati tikungan yg ter-
   halang oleh pepohonan yaitu hrs
   berlayar dg penuh kewaspadaan dan
   hati2 ,serta hrs membunyikan isyarat
   1 tiup panjang(  ̶ ) yg kemudian hrs di
   balas juga dg 1 tiup panjang (  ̶ ) oleh
   kapal yg sedang mendekat yg mung-
   kin berada di belakang rintangan yg
   terletak di antaranya.
c.apbila akan menyusul di lambung
   kiri yaitu dengan membunyikan
   isyarat bunyi 2 panjang 2 pendek
   (  ̶    ̶  . . ) dan hrs membebaskan kapal
   yg di susul sampai betul2 jarak sudah
   aman.

70. a. Sebutkan tujuan pengamatan yg
          baik,sesuai aturan 5 p2tl 1972.(3
          jawaban)
      b. Apa syaratnya jika seorang perwi-
          ra jaga navigasi dpt dibenarkan
          sbg satu2nya pengamat
          dianjungan?
Jawab :
a.tujuan pengamatan yg baik yaitu
   untuk membuat penilaian yg lengkap
   thd situasi kapal ,perairan dan bahaya
   tubrukan.
b. Syaratnya jika seorang perwira
    jaga navigasi dpt dibenarkan sbg
    pengamat satu-2nya dianjungan
    yaitu :
     - Dpt mempertanggung jawabkan
        tindakannya.
     - Tdk pernah lalai dlm melaksanakan
        tugasnya.
     - Tdk pernah lalai dlm melaksanakan
        tindakannya.
     - Tidak mempunyai tgs yg lain.

71. Apakah yg dimaksud dg istilah2 sbb
      a. Kapal yg tdk dpt dikendalikan.
      b. Kapal yg terkendala oleh
           syaratnya.
      c. Kapal tenaga
      d. Penglihatan terbatas.
Jawab :
a .Not under command adalah kapal
    yg oleh karena sesuatu keadaan
    istimewa tdk mampu di kendalikan
   sebagaimana di tetapkan oleh aturan2
   P2TL dan oleh karena nya tdk mampu
    menyimpangi kapal lain nya.
b.kpl terbts kemampuan olah gerak-
   nya = kpl yg krn oleh sifat pekerjaan-
   nya yg terbatas kemampuan olah ge-
    rak nya spt di isyaratkan oleh aturan
    ini,shg tdk mampu menyimpangi kpl
    lain.
c.kapal tenaga adalah tiap kapal yg di-
   gerakkan dg mesin
d.penglihatan terbatas adalah tiap ke-
   adaan yg mengakibatkan penglihatan
   terbatas oleh kabut,halimun,hujan
   salju,hujan badai,badai pasir atau
   sembarang keadaan lain yg serupa.

72. a. Gbrkan sebuah tata pemisah
          lalulintas beserta keterangan
          gbrnya.
      b. Pd umumnya kpl tdk blh memasu-
          ki zona pemisah ataupun memo-
          tong garis pemisah.sebutkan kpl2
          yg diperbolehkan memasuki/me-
          motong zona pemisah atau garis
          pemisah.

Jawab :
a.gbr sebuah tata pemisah lalu lintas
   beserta keterangan gbr nya yaitu :

Pantai                                                                                                                                                             
In shore traffic zone    Bouy
 

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
traffic line
                                                                                                                                                                        separation zone                                                                                                     TSS                                                                        
                                              traffic line                                                                                 
                      separation line
  _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
 

               
In shore traffic zone   Bouy
 

 Pantai


b.yg boleh memotong di zona
   pemisah yaitu :
    - kapal yg dalam keadaan darurat,
      untuk menghindari bahaya yg
      mendadak.
    - kapal ikan sedang menangkap ikan
      di zona pemisah.
    - kapal yg terbatas kemampuan olah
      gerak nya yg sedang melaksanakan
      tgs untuk pemeliharaan keselamat-
      an pelayaran ,memasang,merawat
      atau mengangkat kabel laut.

73. Dlm keadaan saling melihat terdpt
      dua buah kpl yg haluanya bersilang-
      an dan akan mengakibatkan
      tubrukan.
      a. Sebutkan tindakan2 menghindari
          tubrukan sesuai dg aturan 8 ?
      b. Bagaimana tindakan2 kpl lain yg
          bertahan sesuai dg aturan 17 ?
Jawab :
a. tindakan perwira jaga dlm tampak
    terbatas sehubungan dg meng-
    hindari bahaya tubrukan yaitu :  
     - tindakan hrs tegas dlm wkt yg cukp
     - perubahan haluan hrs besar shg
       mnjadi jelas dan nyata.
     - tindakan perubahan haluan apabila
       perairan memungkinkan.
     - hrs memiliki jarak aman dan peru-
       bahan kecepatan.
b.tindakan kapal yg bertahan sesuai
   aturan 17 yaitu hrs mempertahankan
   haluan dan lajunya,tetapi jika kapal yg
   di wajibkan untuk menyimpang tdk
   mengambil tindakan yg sesuai kapal
   yg bertahan boleh bertindak untuk
   menghindari tubrukan dg olah gerak-
   nya sendiri,segera setelah jelas
   baginya.

74. Kpl anda sedang berlayar pd malam
      hari dan mengalami kerusakan
      mesin.
       a. Apakah yg anda lakukan pd pe-
           nerangan navigasi?
       b. Jika kpl kemudian berlabuh jang-
           kar,apa yg anda lakukan pd pe-
           nerangan navigasi?
       c. Jika kpl hanyut dan kandas,pene-
         rangan apa yg hrs anda nyalakan?
Jawab :
a.penerangan navigasi kapal sedang
   berlayar rusak mesin yaitu :
    - mematikan lampu2 navigasinya ke-
      mudian menyalakan  2 lampu merah
      keliling.
b.kapal rusak mesin kemudian berla-
   buh jangkar penerangan nya yaitu :
    - menyalakan 2 lampu merah keliling
      di tambah lampu jangkar putih keli-
      ling,  kapal panjang > 50 m , 2 buah
      lampu jangkar putih  keliling dihalu-
      an dan buritan lebih rendah dari pd
      lampu yg di haluan.
    - menyalakan 2 lampu merah keliling
      ditambah lampu jangkar putih keli-
       ling ,kapal panjang < 50 m , 1buah
     lampu jangkar putih keliling di haluan
c.kapal rusak mesin sedang berlabuh
   jangkar kemudian hanyut dan
   kandas penerangan nya yaitu:
    - menyalakan 2 lampu merah keliling
      kemudian saat kandas mengganti-
      nya dg menyalakan 3 lampu merah
      keliling tanpa menyalakan lampu2
      navigasinya.

Definisi-definisi

Kata kapal :mencakup setiap jenis kendaraan air termasuk kapal tanpa benaman (displacement)dan pesawat terbang laut,yang digunakan atau dapat digunakan ebagai sarana angkutan laut

Kapal tenaga :berarti setiap kapal yang digerakan dengan mesin
Kapal layar :berarti setiap kapal yang sedang berlayar dengan menggunakan layar ,dengan ketentuan bahwa mesin penggeraknya tidak digunakan.
Kapal yang sedang menangkap ikan :berarti setiap kapal yang menangkap ikan dengan jarring,tali pancing ,pukat atau alat2 penangkap ikan lainnya yang membatasi kemampuan olah geraknya ,tetapi tidak termasuk kapal yang menangkap ikan lainnya yang tidak membatasi kemampuan olah geraknya.
--pesawat terbang laut ialah:mencakup setiap pesawat terbang yang dibuat untuk mengolah gerak diatas air.
--kapal yang terbatas kemampuan olah geraknya ialah:berarti kapal yang akrena sifatnya pekerjaanya mengakibatakan kemampuan untuk mengolah gerak seperti yang diisyaratkan oleh aturan2 ini menjadi terbatas dan oleh karena nya tdk mampu untuk menyimpangi kapal lain.
Contoh :
a.kapal yang digunakan untuk memasang ,merawat atau mengangkat merkah navigasi kabel laut atau pipa dalam laut.
b.kapal yang sedang melakukan pengerukan,penelitian atau pekerjaan2 dibawah air.
c.kapal yang melakukan pengisian atau pemindahan atau mauatan pada waktu sedang berlayar.
d.kapal yang digunakan untuk meluncurkan atau sedang mendaratkan kembali pesawat terbang.
e.kapal yang sdeang melakukan kegiatan memisahkan ranjau laut
f.kapal yang dipergunakan dalam pekerjaan menunda sehingga mengakibatkan tdk mampu untuk menyimpang dari haluannya.
--kapal yang terkukung oleh saratnya ialah:berarti kapal yang karena saratnya thd kedalaman air dan lebarnya perairan yg dapat dilayari mengakibatkan terbatasnya kemampuan olah geraknya untuk menyimpang dari garis haluan yang sedang dilayarinya.
--sedang berlayar ialah:berarti kapal tidak berlabuh jangkar atau terbatas pada daratan atau kandas.
--saling melihat ialah:satu sama lainnya hanya apabila kapal yang satu dapat dilihat dengan nyata oleh kapal lainnya.
--penglihatan terbatas ialah:berartis setiap keadaan dimana daya tampaknya dibatasi oleh kabut,cuaca redup,hujan salju,hujan badai,badai pasir atau setiap keadaan lain yang serupa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar